Penyebab dan Cara Mencegah Munculnya JERAWAT Diusia Remaja

 

Penyebab jerawat


Jerawat merupakan salah satu penyakit kulit yang umumnya dialami oleh para  remaja. Meskipun secara medis hal ini tidak berbahaya, jerawat dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang dan menyebabkan rasa tidak nyaman pada orang yang menderita penyakit ini. Oleh karena itu, penting bagi kita  untuk memahami penyebab jerawat serta langkah-langkah yang dapat diambil untuk mencegah munculnya jerawat.


Dalam artikel ini, kita akan membahas banyak hal tentang jerawat, mulai dari penyebabnya hingga tips efektif untuk mengatasi dan mencegah munculmya jerawat.


Apa Itu Jerawat?

Jerawat merupakan suatu kondisi dimana munculnya bintik-bintik merah atau pustula di area wajah, dada, dan punggung. Kondisi ini bisa terjadi  ketika pori-pori kulit kita tersumbat oleh minyak, sel-sel kulit mati, dan bakteri. Jerawat juga  memiliki berbagai  macam bentuk, mulai dari komedo hitam dan putih hingga jerawat merah bernanah.


  • Penyebab munculnya Jerawat pada Remaja 


1. Perubahan Hormonal

Perubahan hormonal menjadi Salah satu penyebab utama munculnya jerawat pada remaja, perubahan ini biasanya terjadi selama masa pubertas. Peningkatan produksi hormon tertentu, seperti testosteron, dapat merangsang kelenjar minyak  kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak sehingga dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.


2. Kulit Berminyak

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa orang dengan kulit berminyak  jauh lebih rentan berjerawat.

Hal ini bisa terjadi karena produksi sebum yang berlebihan menyebabkan pori-pori lebih mudah tersumbat dibandingkan dengan pemilik kulit  tidak berminyak.



3. Stres

Stres yang juga di alami oleh remaja dapat memicu pelepasan hormon kortisol, yang dimana hal ini dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit dan memperburuk kondisi jerawat.



4. Polusi dan Lingkungan 

Paparan polusi udara dan faktor lingkungan tempat tinggal yang buruk juga dapat memperburuk kondisi jerawat dan menyebabkan pori-pori kulit tersumbat. 



5. Konsumsi makanan tidak sehat

Kebiasaan buruk para remaja yang sering mengonsumsi makanan berlemak tinggi, kurang tidur(insomia), dan tidak membersihkan wajah secara teratur juga dapat menjadi faktor penyebab munculnya jerawat pada remaja. 



  • Tips Mengatasi Jerawat


1. Menggunakan Pembersih Wajah yang Lembut 

Mencuci wajah dua kali sehari dengan pembersih wajah yang lembut akan dapat membantu menghilangkan kotoran, minyak, dan sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori.


2. Hindari menggosok wajah terlalu keras

Menggosok wajah kita terlalu keras dapat merusak kulit dan menyebabkan produksi sebum meningkatkan dan berlebihan.

Bersihkan wajah Anda secukupnya dengan gerakan memijat lembut.


 3. Menggunakan produk nonkomedogenik

Gunakanlah produk perawatan kulit nonkomedogenik. Artinya, produk ini tidak akan menyumbat pori-pori atau menimbulkan jerawat pada wwajah kita.

 

4. Hindari memencet jerawat 

Mungkin bagi sebagian orang tergoda untuk memencet jerawat, namun hal tersebut dapat menyebabkan iritasi dan memperburuk kondisi jerawat. 


5. Atur pola makan sehat

Makanan yang tinggi lemak dan bergula dapat menyebabkan peradangan pada tubuh dan memperparah kondisi jerawat.

Cobalah untuk mengurangi asupan makanan tersebut dan lebih memilih makanan yang sehat dan bergizi, seperti buah, kacang dan sayur-sayuran. 


6.Gunakan produk perawatan kulit yang sesuai

Anda bisa menggunakan Produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan mengandung bahan-bahan seperti asam salisilat dan benzoil peroksida yang dapat  mengurangi produksi minyak dan membantu mengatasi jerawat, tergantung kondisi dan saran dari dokter. 



7. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Anda sebaiknya rutin membersihkan barang-barang yang sering bersentuhan dengan wajah, seperti: Baju, Ponsel, handuk, dan bantal untuk mencegah penyebaran kuman dan kotoran yang bisa memicu dan memperparah kondisi jerawat. 


8. Konsultasikan ke dokter kulit

Jika jerawat Anda cukup parah atau tidak kunjung membaik dengan perawatan rumahan dalam jangka waktu yang panjang. Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit atau dermatologis untuk mendapatkan saran dan pengobatan yang tepat.

 

Kesimpulan


Jerawat merupakan masalah kulit yang umum terjadi pada remaja. Namun, dengan perawatan yang tepat dan merubah gaya hidup sehat, jerawat dapat dikelola dan diatasi.

Mulailah dengan rutin mencuci muka, menggunakan produk perawatan kulit yang tepat sesuai saran dokter, dan menghindari kebiasaan buruk yang dapat memperparah jerawat.

Jika jerawat Anda tidak kunjung membaik atau semakin parah dalam jangka waktu tertentu, ada baiknya anda menemui dokter kulit untuk mendapatkan penanganan dan perawatan yang tepat.

Ingat, mengobati jerawat membutuhkan kesabaran dan konsistensi, namun dengan tekad dan usaha yang tepat, Anda bisa mendapatkan kulit yang sehat dan bersih.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url