Cara mengatasi gigi berlubang dan tipsnya

 


Senyum sehat tanpa rasa sakit menjadi impian banyak orang didunia. Namun ada beberapa darai mereka yang tidak bisa melakukannya dikarenakan terdapat kerusakan pada gigi. 

 Sakit gigi atau disebut juga dengan kerusakan pada gigi merupakan permasalahan umum yang banyak diderita oleh banyak orang.

 Kerusakan gigi merupakan hal yang umum terjadi didunia, namun jika tidak ditangani dengan benar, hal ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan menyakitkan serta dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan mulut dimasa mendatang. 

 Untungnya, ada beberapa pilihan dan tips yang bisa Anda lakukan untuk melawan gigi berlubang dan menjaga kesehatan gigi Anda tetap dalam kondisi prima sepanjang waktu.

Pelajari terlebih dahulu penyebab kerusakan gigi 

Sebelum membahas tentang cara mengatasi kerusakan gigi oada umumnya, ada baiknya kita memahami penyebabnya kerusakannya terlebih dahulu. 

 Kerusakan gigi biasanya disebabkan oleh adanya asam pada plak yang dihasilkan oleh bakteri dalam mulut. 

 Asam ini merusak lapisan luar gigi (enamel) sehingga menyebabkan terbentuknya lubang kecil dan gigi berlubang.

 Faktor-faktor seperti pola makan yang tidak tepat, kebersihan mulut yang buruk, dan kurangnya fluoridasi juga dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi pada manusia. 

 Cara Mengobati Kerusakan Gigi  

1. Konsultasi ke Dokter Gigi

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memeriksakan diri ke dokter gigi terdekat untuk mengecek dan mengetahui kondisi terkini kesehatan gigi Anda. 

 Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan dan merekomendasikan pilihan pengobatan tergantung kondisi gigi Anda saat ini

 2. Perawatan Penambalan Gigi

Untuk gigi berlubang kecil, dokter gigi Anda mungkin akan melakukan perawatan penambalan gigi untuk menambal lubang tersebut dan mencegah kerusakan lebih lanjut pada gigi. 

 3. Perawatan Saluran Akar

Jika rongga telah mencapai akar gigi, mungkin diperlukan perawatan saluran akar lebih lanjut. 

 Jaringan yang terinfeksi di sekitar akar gigi diangkat dan rongganya diisi dengan bahan pengisi yang sesuai dengan kebutuhan. 

 4. Perawatan saluran akar

Jika infeksinya parah dan mengenai jaringan dalam gigi, perawatan saluran akar mungkin diperlukan.

 Prosedur ini melibatkan pengangkatan jaringan yang terinfeksi di dalam saluran akar gigi dan mengisi saluran akar dengan bahan yang tahan lama.

 5. Pencegahan Fluoridasi

Penggunaan pasta gigi yang mengandung fluoride secara teratur juga dapat memperkuat email gigi dan mencegah gigi berlubang pada manusia. 

 6. Makan Sehat

Hindari makanan dan minuman yang terlalu banyak mengandung gula atau asam karena dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi.

 Untuk menjaga kesehatan gigi yang optimal, konsumsilah makanan yang kaya kalsium dan vitamin D untuk menyeimbangkan dan merawat gigi. 


Tips Mencegah Gigi Berlubang - Sikat gigi secara rutin minimal dua kali sehari menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

 – Floss setiap hari untuk membersihkan sela-sela gigi dan menghilangkan plak yang sulit dijangkau dengan sikat gigi.

 – Batasi asupan makanan dan minuman manis, terutama yang lengket dan menempel di gigi.

 - Kunjungi dokter gigi Anda secara teratur untuk pemeriksaan dan pembersihan gigi profesional.


Kesimpulan 


Kerusakan gigi merupakan masalah yang menyakitkan dan mengganggu, namun dengan tindakan pencegahan dan perawatan yang cepat dan tepat, Anda dapat menjaga kesehatan gigi dan menghindari masalah yang lebih serius di kemudian hari.

 Selalu jaga kebersihan mulut dan ingatlah untuk mengunjungi dokter gigi secara rutin agar senyum Anda tetap sehat dan indah dimasa mendatang. 



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url